-->
Latest Updates

Pengertian Dwilingga, dwipurwa, dan dwiwasana


Haloo Sobat Pembaca,, sebelumnya blog Cbs4rt telah berbagi tentang Cyber, sekarang saatnya berbagi tentang sastra, tadinya sih Zacky bingung, mau mengangkat topik apa?????

tapi berhubung kemarin hari Rabu, waktu pelajaran bahasa indonesia, tepatnya dalam mateti kalimat pengulangan,, dan Zacky bertanya pada Guru saya “Yuniarti S.Pd.” dia juga sedikit bingung atau lupa, dan di jawab sebisanya dan memberi Saya buku untuk membacanya sendiri,,

Tapi..... saya belum puas atas jawabanya, jadi saya cari buku buku sastra yang saya punya dan mencari di Google, akhirnya ketemu juga..... Pengertia antara Dwilingga
, dwipurwa, dan dwiwasana... baiklah basa basinya cukup... kita simak tulisan Blog Cbs4rt berikut





Dwilingga, dwipurwa, dan dwiwasana, adalah jenis pengulangan atau jenis kata ulang hasil proses tersebut. Istilah-istilah ini dipungut dari bahasa Jawa, yang mungkin menyerapnya dari bahasa Sanskerta: dwi berarti dua, lingga berarti kata/bentuk dasar, purwa berarti awal, dan wasana berarti akhir, (Robson & Wibisono, 2002). Semua kata tersebut ditulis serangkai karena dwi- dan tri- adalah bentuk terikat.
Definisi dari tiap-tiap istilah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Dwilingga adalah pengulangan seluruh leksem atau, secara sederhana, kata. Contoh: rumah-rumah, makan-makan, pagi-pagi.
  2. Dwipurwa adalah pengulangan suku pertama pada leksem dengan pelemahan vokal. Contoh: tetangga, lelaki, sesama.
  3. Dwiwasana adalah pengulangan bagian belakang leksem. Contoh: pertama-tama, perlahan-lahan, sekali-kali.
Selain ketiga jenis pengulangan tersebut, ada lagi satu jenis pengulangan yang disebut dwipurwa salin suara. Jenis ini adalah pengulangan leksem dengan variasi fonem,  misalnya mondar-mandir, pontang-panting, dan bolak-balik (Kridalaksana, 2007).

Rujukan:
        Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
         Robson, S., & Wibisono, S. (2002). Javanese English Dictionary. Singapore: Periplus Editions (HK) Ltd.
         Google.com